RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Nama Sekolah :
MIN Nurul Ilmi
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester :
I/I
Tahun Ajaran :
2013/2014
Alokasi Waktu :
60 menit
I.
Standar Kompetensi
1. Memahami
identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga.
II.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi
Identitas Diri, Keluarga, dan Kerabat.
III.
Indikator
1. Menjelaskan
identitas diri sendiri.
2. Menyebutkan
anggota keluarga yang tinggal serumah.
3. Menyebutkan
kerabat-kerabat dekat yang dimiliki.
IV.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa
dapat menjelaskan identitas diri sendiri.
2. Siswa
dapat menyebutkan anggota-anggota keluarganya yang tinggal serumah.
3. Siswa
dapat menyebutkan kerabat terdekatnya.
V.
Karakter yang Diharapkan
·
Jujur
·
Percaya
Diri
·
Keberanian
·
Disiplin
·
Toleransi
VI.
Materi Pembelajaran
1. Pengertian
identitas diri dan keluarga
Identitas
diri yaitu cirri-ciri ataupun data-data tentang diri seseorang untuk mengenali
seseorang. Keluarga adalah kerabat, orang yang dekat dan memiliki hubungan
darah dengan kita.
2. Pengenalan
identitas diri
Diantaranya
mengenalkan nama lengkap, nama panggilan, umur, hobby, dan cita-cita
3. Pengenalan
anggota keluarga dan kerabat.
Yaitu dari siapa saja anggota keluarga yang tinggal serumah, seperti ayah, ibu,
kakak, dan
adik. Serta kerabat-kerabat keluarga lainnya seperti saudara dari ayah dan ibu.
VII.
Strategi dan Metode
1. Strategi
pembelajaran :
Active
Knowledge Sharing (Saling Tukar Pengetahuan)
2. Metode
pembelajaran:
a. Ceramah
b. Tanya
Jawab
c. Demontrasi
d. Pemberian
Tugas
VIII.
Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan
Awal
·
Berdo’a
·
Mengisi
daftar hadir kelas.
·
Mempersiapkan
materi ajar, model dan alat peraga.
·
Mengingatkan
cara duduk yang baik dan benar.
B. Kegiatan
Inti
1. Eksplorasi
·
Guru
menjelaskan apa itu nama lengkap dan nama panggilan.
·
Guru
menjelaskan bagaimana mengetahui umur.
·
Guru
menjelaskan mengenai hobby dan cita-cita.
·
Guru
menyebutkan dan menjelaskan siapa saja yang menjadi anggota kelurga dan siapa
saja kerabat-kerabat lainnya.
2. Elaborasi
·
Guru membagi
siswa menjadi kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 5 orang
·
Setiap
kelompok maju ke depan bergiliran untuk
memperkenalkan dirinya dan siswa lainnya memperhatikan dengan seksama
pengenalan diri temannya.
·
Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa terkait materi pelajaran dan pengenalan diri
teman-temannya tadi.
·
Siswa
masing-masing menjawab pertanyaan dengan diperbolehkan saling membantu dengan
teman sekelompok.
·
Kemudian
siswa membacakan jawabannya dan guru membenarkan jawaban jika ada yang salah
3. Konfirmasi
·
Guru
melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai hal-hal yang belum dimengerti
siswa.
·
Guru
menjelaskan jika terdapat kesalahpahaman serta memberikan penguatan atas
jawaban siswa.
C. Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
·
Menyimpulkan
materi yang telah diajarkan.
·
Melaksanakan
post test.
·
Memberikan
PR/tugas membuat silsilah keluarga.
·
Berdo’a
IX.
Media dan Sumber Belajar
Buku: IPS Terpadu untuk Sekolah Dasar Kelas I,
penerbit Erlangga.
Media:
·
Gambar
anggota keluarga dan kerabat.
X.
Penilaian
Indikator
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Jenis
|
Instrumen
|
|
1.
Menjelaskan identitas diri.
2.
Menyebutkan anggota keluarga yang tinggal
serumah.
3.
Menyebutkan kerabat dekat keluarga.
|
Tertulis dan Lisan
|
Pilihan Ganda
Isian
|
I.
Soal Terlampir
II.
Menyebutkan anggota
kelompok lain
|
1.
Rubrik Penilaian Kognitif (konsep)
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
1
|
2
|
||||
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
|||||
6
|
|||||
7
|
|||||
8
|
|||||
9
|
|||||
10
|
Keterangan:
· Aspek
yang dinilai
1)
Siswa
mengerjakan tugas/latihan dalam bentuk pilihan ganda
2)
Siswa
mengerjakan tugas/latihan dalam bentuk isian
· Tafsiran
Skor
1)
Jawaban
salah
2)
Jawaban
kurang tepat
3)
Jawaban
benar
2.
Rubrik
Penilaian Afektif
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
Keterangan:
ü Aspek
yang dinilai:
1)
Kerjasama
kelompok
2)
Keseriusan
mengikuti pelajaran
3)
Keantusiasan
dalam mengikuti pelajaran
4)
Kedisiplinan
dalam proses pembelajaran
ü Tafsiran
skor
1) Kurang
2) Cukup
3) Baik
4) Sangat
baik
3. Psikomotorik
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
1
|
2
|
||||
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
|||||
6
|
|||||
7
|
|||||
8
|
|||||
9
|
|||||
10
|
Keterangan:
ü Aspek
yang dinilai:
1)
Performance
siswa dalam memperkenalkan dirinya.
2)
Hasil
kerja siswa dalam membuat silsilah keluarganya.
ü Tafsiran
Skor:
1) Keterampilan
Kurang
2) Keterampilan
Cukup
3) Keterampilan
baik
4) Keterampilan
sangat baik
Mengetahui, Banjarmasin, 28 Maret
2013
Kepala MIN Nurul Ilmi Guru IPS Kelas 1,
( ) ( )
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar